10 Cara Pembuatan Website Di Jogja

Jasa Website Jogja - Baik Anda seorang fotografer lepas, memiliki toko perangkat keras, atau memiliki jenis bisnis kecil lainnya, situs Website yang bagus sangat penting untuk kesuksesan perusahaan Anda. Sebagai seorang webmaster yang telah bekerja membangun atau memasarkan lebih dari 100 situs Website bisnis kecil, saya tahu apa yang diperlukan untuk membuat situs jasa website jogja bisnis yang hebat dan menarik.

Cara Pembuatan Website


Jika Anda ingin membangun situs Website startup baru atau membuat situs Anda saat ini lebih efektif, berikut 10 langkah kunci untuk memulai dan membantu situs Website bisnis kecil Anda bersaing secara efektif di pasar online.

1. Dapatkan nama domain yang bagus

Nama domain Anda, juga dikenal sebagai alamat situs Website Anda, sering kali menjadi titik masuk ke situs Anda. Penting agar itu membuat kesan yang baik untuk tujuan kegunaan, serta untuk pengoptimalan mesin telusur (SEO).

Buat sesingkat mungkin. Semakin pendek, semakin mudah untuk mengingat dan mengetik dengan benar.

Gunakan ekstensi domain yang tepat. Cobalah untuk selalu menjadikannya nama domain .com (sebagai lawan dari .net, .co, dll.) Kecuali jika lebih sesuai untuk menggunakan ekstensi lain, seperti .gov, .edu, atau .org.

Hindari angka dan tanda hubung. Nama domain sulit diingat dan kurang elegan dan mudah diingat dibandingkan nama domain hanya kata, dan mungkin disalahpahami saat menyuarakan nama domain.

Jadikan alamatnya luas untuk memfasilitasi pertumbuhan di masa depan. Misalnya, Amazon.com adalah alamat situs Website yang jauh lebih luas daripada BooksOnline.com dan memungkinkan Amazon menjual hampir semua jenis barang konsumen alih-alih hanya buku, seperti tujuan aslinya.

Pastikan itu mudah diingat. Dengan banyaknya situs Website di internet, nama situs Website Anda harus menarik sehingga orang akan ingat cara mengaksesnya di masa mendatang.

Cari tahu nama domain. Google itu untuk melihat apakah alamat situs Website serupa sudah ada online, dan cari di USPTO.gov untuk memastikan itu tidak mengandung merek dagang terdaftar.

Periksa apakah harganya tepat. Tentukan apakah Anda dapat membeli alamat situs Website yang Anda inginkan dengan harga yang wajar karena sebagian besar nama domain yang bagus sudah digunakan dan harus dibeli dari pemilik saat ini.

Hindari nama yang tidak masuk akal. Pilih nama yang memiliki arti sehingga pengguna akan langsung tahu apa bisnis Anda. Yahoo dan Google adalah nama yang menarik, tetapi mereknya sangat mahal, dan bisnis kecil Anda mungkin tidak memiliki anggaran yang sama.

Buat URL yang ramah SEO. Jika perlu, coba buat alamat situs Website ramah-SEO yang menyertakan kata kunci dan lokasi geografis; misalnya, “www.LasVegasElectrician.com”.

2. Beli hosting situs Website yang aman dan skalabel dengan dukungan teknis yang baik

Host situs Website (atau terkadang disebut sebagai penyedia hosting situs web) adalah perusahaan yang menawarkan teknologi dan layanan yang diperlukan agar situs Website dapat dilihat di internet. Anda menghubungkan nama domain Anda ke penyedia hosting sehingga ketika pengguna mengunjungi alamat situs Website Anda, mereka melihat situs Website Anda yang Anda simpan di akun hosting Anda.

Biaya layanan hosting dapat berkisar antara $ 2 hingga $ 100 + per bulan, tergantung pada jenis teknologi dan dukungan yang Anda pilih. Anda biasanya bisa mendapatkan diskon jika Anda membeli paket tahunan dan bukan paket bulanan.

Berikut beberapa panduan untuk memilih paket hosting situs Website yang baik:

Meskipun Anda bisa mendapatkan paket hosting "server bersama" hanya dengan $ 2 per bulan, saya biasanya menyarankan untuk tidak melakukannya. Hosting bersama berarti Anda berbagi server dan sumber dayanya dengan pelanggan lain, yang dapat membuat kinerja situs Anda terganggu. Selain itu, jika salah satu situs Website lain di server bersama Anda diretas, mungkin situs Website Anda juga terinfeksi.

Paket hosting "server khusus" adalah opsi yang paling mahal — biayanya dapat berkisar dari sekitar $ 100 hingga $ 2.000 per bulan — tetapi ini akan membuat situs Website Anda berkinerja paling optimal. Memiliki paket server khusus berarti bahwa mesin server fisik sepenuhnya didedikasikan untuk situs Anda; oleh karena itu, semua sumber daya adalah milik Anda dan lebih aman daripada paket hosting bersama, selama teknologinya optimal. Namun, ini jauh lebih mahal daripada yang biasanya bersedia dibayar oleh kebanyakan bisnis kecil. Setelah Anda memiliki situs berkinerja sangat tinggi, ini mungkin yang Anda butuhkan, tetapi itu berlebihan untuk sebagian besar bisnis tahap awal dan kecil.

Kompromi yang biasanya saya rekomendasikan adalah paket hosting "server pribadi virtual" (VPS) yang menawarkan yang terbaik dari kedua dunia. Biayanya berkisar dari sekitar $ 20 hingga $ 50 per bulan, yang terjangkau untuk layanan hosting yang akan Anda terima. VPS adalah salah satu mesin yang dipartisi untuk bertindak sebagai beberapa mesin, yang memberikan keterjangkauan yang serupa dengan hosting bersama, dengan potensi keamanan dan kinerja yang serupa dengan paket hosting server khusus.

Pastikan perusahaan hosting Anda memiliki dukungan telepon dan / atau obrolan sehingga Anda dapat dibantu dengan cepat jika mengalami masalah. Dukungan email seringkali memakan waktu terlalu lama dan membuat frustasi ketika masalah perlu segera diselesaikan. Dukungan telepon adalah yang terbaik, tetapi mengobrol juga berfungsi dengan baik.

Perlu ada antarmuka server yang mudah digunakan seperti cPanel untuk mengakses server Anda. Anda tidak ingin menggunakan perintah terminal untuk melihat konten server Anda dan membuat perubahan, kecuali Anda mampu menyewa administrator server profesional untuk membantu Anda.

Periksa untuk melihat jenis keamanan server yang ada di server yang Anda pertimbangkan. Anda ingin dapat mengakses server Anda melalui Secure File Transfer Protocol (SFTP). Harus ada backup harian yang dibuat dari konten server Anda. Harus ada metode yang mudah, satu atau dua klik untuk menginstal sertifikat Secure Sockets Layer (SSL). Pastikan perusahaan hosting melakukan pemeliharaan keamanan rutin. Idealnya perusahaan hosting Anda memiliki protokol keamanan terbitan yang dapat Anda tinjau sehingga Anda tahu bagaimana mereka menjaga keamanan server mereka.

3. Menampilkan deskripsi bisnis Anda dengan jelas

Penting untuk segera memberi tahu orang-orang siapa Anda dan apa yang Anda lakukan sehingga mereka tidak merasa bingung saat mengunjungi situs Website bisnis kecil Anda. Pastikan spanduk beranda utama Anda (juga dikenal sebagai "gambar pahlawan") dan spanduk berikutnya adalah representasi visual dari layanan Anda, dan juga bahwa Anda memiliki uraian teks pengantar di dekat bagian atas laman yang menjelaskan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan .

Selain itu, pastikan menu navigasi utama dan footer Anda memiliki link halaman "Tentang Kami" yang mudah diakses sehingga orang dapat mengkliknya dan membaca lebih lanjut tentang bisnis Anda secara mendalam.

4. Menerapkan sistem manajemen konten terbaik

Sistem manajemen konten (CMS) adalah program perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengelola konten digital. CMS yang baik akan membantu Anda memelihara situs, dan Anda tidak membutuhkan banyak pengetahuan teknis untuk menggunakannya. Anda harus memilih CMS yang dirancang untuk kebutuhan unik Anda; sistem yang berbeda digunakan untuk alasan yang berbeda, seperti kemudahan penggunaan, ekstensibilitas, dan anggaran.

Berikut ini adalah beberapa sistem populer dengan deskripsi kekuatan dan kelemahannya.

WordPress: WordPress adalah CMS terpopuler di dunia. Ini memiliki komunitas dukungan yang luas dan aktif dan banyak plugin yang berguna untuk memperluas fungsionalitas situs Anda. (Dan jika Anda tidak dapat menemukan plugin yang sesuai dengan keinginan Anda, sangat mudah untuk menemukan pengembang WordPress yang dapat membuatnya untuk Anda!) WordPress juga gratis dan relatif mudah untuk dipasang. Sebagian besar pengembang situs Website sudah terbiasa dengannya sehingga tidak sulit menemukan individu atau agensi yang dapat bekerja di situs Anda. Saya biasanya merekomendasikan agar bisnis kecil menggunakan WordPress untuk membuat situs Website mereka, karena fleksibilitas dan ekstensibilitasnya.

Namun, harus dicatat bahwa kelemahan terbesar WordPress adalah keamanan — karena sangat populer, peretas paling menargetkannya. Situs WordPress Anda perlu dijaga dan diamankan secara teratur agar tidak diretas. Selain itu, sulit untuk mengamankan setiap plugin pihak ketiga, jadi menjaga keamanan situs WordPress Anda harus menjadi komitmen berkelanjutan melalui berbagai praktik terbaik (memeriksa untuk melihat apakah plugin Anda telah diperbarui dalam beberapa bulan terakhir, pastikan itu adalah plugin yang disediakan di repositori resmi WordPress, segera menghapus plugin yang tidak digunakan, dll.).

Drupal: Drupal adalah CMS populer lainnya. Ini menawarkan banyak manfaat yang sama dengan WordPress, termasuk fleksibilitas, kemudahan penggunaan, dan komunitas dukungan yang besar. Khususnya ini adalah CMS yang lebih aman daripada WordPress (lebih aman dari aktivitas jahat); namun, itu tidak memiliki banyak plugin atau opsi tema, yang membuatnya kurang dapat diperluas. Selama bertahun-tahun, situs Website Gedung Putih (Whitehouse.gov) dijalankan dengan Drupal, tetapi sejak itu beralih ke WordPress, yang masih digunakannya sampai sekarang.

Joomla !: CMS populer lainnya adalah Joomla! Di luar kotak, ia memiliki kemampuan SEO, keamanan, dan multibahasa yang lebih baik daripada WordPress; namun, dengan bantuan beberapa plugin, WordPress melampaui kemampuan Joomla!

Squarespace: Squarespace adalah layanan langganan bulanan atau tahunan yang membuat pembuatan situs Website dan blog menjadi pengalaman "seret dan lepas" yang mudah. Ini termasuk desain situs web, pengembangan, pemeliharaan perangkat lunak, metrik, nama domain dengan pembelian tahunan, keamanan SSL, dukungan 24/7, dan bandwidth tak terbatas dan penyimpanan hosting semua dalam satu paket. Ini sangat cocok untuk materi iklan dan memberi Anda template desain terbaik. Jika Anda memiliki anggaran yang ketat, membutuhkan situs yang sederhana dan indah, tetapi tidak mampu membeli perancang situs web, ini adalah layanan yang bagus untuk Anda.

Ada kurva belajar yang jauh lebih kecil dengan Squarespace dibandingkan dengan WordPress, Drupal, dan Joomla !, tetapi tidak memiliki banyak opsi ekstensibilitas. Namun, jika Anda memiliki sedikit atau tidak memiliki pengetahuan teknis dan mencari cara cepat dan mudah untuk memasang situs web, Squarespace adalah pilihan yang sangat baik untuk Anda.

Wix: Wix sangat mirip dengan Squarespace, tetapi sedikit lebih ramah pengguna. Ini menawarkan langganan bulanan, tetapi tidak tahunan, dan mencakup fitur serupa. Wix juga merupakan pembuat drag-and-drop — Anda dapat dengan bebas menarik dan melepaskan elemen di mana saja pada halaman; sebagai perbandingan, Squarespace lebih terstruktur di mana Anda dapat menyeret dan melepas laman. Kurva pembelajaran untuk menggunakan Wix bahkan lebih pendek daripada Squarespace, jadi jika Anda perlu mempublikasikan situs dengan cepat, ini mungkin pilihan terbaik Anda.

Wix memiliki lebih banyak templat daripada Squarespace untuk dipilih, tetapi begitu Anda memilih templat, Anda harus tetap menggunakannya atau dipaksa untuk membangun kembali situs Anda sepenuhnya. Dengan Squarespace, Anda dapat mengubah template kapan saja tanpa harus membangun kembali seluruh situs.

5. Pilih platform e-commerce yang bagus

Jika Anda berencana menjual barang dan / atau jasa melalui situs Website Anda, Anda memerlukan teknologi yang tepat untuk melakukannya. (Jika saat ini Anda tidak menjual apa pun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk melakukannya karena e-commerce berpotensi meningkatkan keuntungan Anda.) Jika Anda memutuskan untuk mengizinkan pengguna bertransaksi finansial dengan Anda secara online, Anda harus memilih platform yang tepat untuk Anda. model bisnis.

Berikut beberapa platform e-commerce bisnis kecil yang populer:

WooCommerce: WooCommerce adalah salah satu platform e-commerce paling populer di dunia — ini dapat mengubah situs WordPress Anda menjadi toko online. Seperti WordPress, ada banyak plugin yang tersedia, dan itu melekat pada WordPress, yang membuatnya sangat fleksibel. Ada banyak tema gratis dan premium yang dibuat sebelumnya untuk WooCommerce. (Sebagai aturan, lebih baik menggunakan tema premium dari pengembang terkemuka karena akan menawarkan keamanan dan dukungan yang lebih baik.) Jika Anda tidak paham teknologi, kemungkinan besar Anda akan membutuhkan pengembang WordPress untuk membantu Anda mengaturnya dan Gunakan. WooCommerce juga menawarkan kapabilitas dan skalabilitas yang sangat tinggi yang mungkin dibutuhkan oleh bisnis kecil Anda.

Shopify: Shopify adalah platform e-commerce berbasis cloud yang memungkinkan Anda membuat dan menyesuaikan toko online, dan untuk mengelola produk, inventaris, pembayaran, dan pengiriman. Ini bukan ekstensi WordPress seperti WooCommerce — ini adalah platform mandiri yang dihosting di server Shopify — jadi jika Anda memiliki situs Website utama, situs e-niaga Anda secara teknis akan terpisah dari itu. Anda dapat menautkan ke akun Shopify Anda dari situs Website biasa yang dibuat dengan WordPress, Drupal, Wix, dll., Kecuali situs Website utama Anda memiliki plugin integrasi Shopify.

Fiturnya mencakup produk tak terbatas, lebar pita tak terbatas, analisis penipuan, kode diskon, laporan, dan banyak lagi. Manfaat utama Shopify adalah Anda tidak memerlukan pengembang untuk menyiapkan toko, dan semua yang ada di backend sudah disiapkan untuk Anda saat Anda berlangganan. Sisi negatifnya adalah Anda tidak memiliki banyak kendali atau fleksibilitas atas toko Anda seperti yang Anda lakukan dengan WooCommerce.

Shopify Plus: Shopify Plus adalah Shopify, tetapi dengan tingkat penyesuaian yang lebih tinggi, lebih banyak akun staf, dan opsi e-niaga internasional. Ini juga memiliki tingkat dukungan yang lebih tinggi. Namun, semua ini jelas hadir dengan biaya berlangganan yang lebih tinggi, dan masih belum memiliki semua fleksibilitas dan kemampuan penyesuaian seperti WooCommerce.

Business Squarespace: Squarespace memiliki opsi langganan e-niaga, jadi jika Anda memilih Squarespace untuk membangun situs Anda dan memiliki kebutuhan e-niaga yang sangat sederhana, Anda dapat memilih rute ini. Business Squarespace mengenakan biaya transaksi, tetapi ini dapat dilewati dengan meningkatkan langganan Anda ke toko online dasar. Ini termasuk domain gratis, keamanan SSL, SEO, pemulihan keranjang yang ditinggalkan, diskon, pengiriman operator waktu nyata, dan banyak lagi. Namun, telah dicatat bahwa ini tidak semudah Shopify. Dan seperti Shopify, ini tidak sefleksibel WooCommerce.

Wix: Wix sebenarnya memiliki ekstensi Shopify yang sangat ramah pengguna. Anda harus meningkatkan akun Wix Anda dan berlangganan Shopify untuk menggunakannya.

Toko Online GoDaddy: GoDaddy memiliki platform langganan mandiri e-niaga yang relatif baru yang relatif mudah disiapkan dan digunakan. Sangat sedikit pengetahuan teknis yang diperlukan untuk meluncurkan toko Anda dengan Toko Online GoDaddy. Templatenya sederhana dan bersih, dan agak dapat disesuaikan. Fitur termasuk alat pemasaran dan SEO, integrasi media sosial, pemesanan janji temu, keamanan SSL, pemuatan halaman yang cepat, dan banyak lagi.

6. Buat antarmuka pengguna situs Website yang menarik, mudah diingat, dan menarik

Pastikan antarmuka situs Website bisnis kecil Anda meninggalkan kesan positif yang mendorong hasil. Anda dapat melakukannya dengan menerapkan saran berikut:

Gunakan grafik yang indah dan font yang mudah dibaca.

Pastikan grafik Anda dikompresi dan dioptimalkan untuk pemuatan cepat. Jika situs Website Anda lambat, mesin pencari seperti Google akan memberi penalti pada peringkat Anda.

Teliti kompetisi untuk melihat bagaimana mereka merancang dan mengoptimalkan situs Website mereka; terapkan komponen serupa yang akan berfungsi untuk situs Website bisnis kecil Anda.

Teliti audiens target Anda untuk melihat apa yang mereka inginkan dari situs Anda dan permudah mereka untuk mencapainya.

Tetap konsisten pada merek di seluruh desain situs Website Anda.

Rancang sistem navigasi intuitif yang memungkinkan pengguna untuk membuka halaman yang mereka butuhkan dengan cepat.

Publikasikan informasi kontak yang mudah diakses.

Gabungkan ajakan bertindak yang jelas (terutama tombol "beli sekarang").

Buat halaman yang standar untuk situs Website bisnis kecil, seperti:

Rumah

Tentang kami

Produk / Layanan (dengan deskripsi dan gambar yang menarik secara visual)

Peta Situs (untuk tujuan SEO)

Tim manajemen

Hubungi kami

Persyaratan penggunaan (kontrak online yang mengatur bagaimana pengguna dapat menggunakan situs Anda)

Rahasia pribadi

Halaman tambahan yang relevan dengan bisnis kecil spesifik Anda

7. Optimalkan situs Website bisnis kecil Anda untuk mesin pencari

SEO adalah serangkaian praktik yang Anda terapkan ke situs Website Anda untuk memastikan mesin telusur mengindeks dan memberi peringkat situs Website Anda dengan tepat dan kemudian menunjukkannya kepada pengguna mesin telusur. Setelah situs Anda "dirayapi" oleh mesin pencari, itu bersaing dengan situs Website yang memiliki konten serupa. Semakin baik desain dan konten situs Website Anda, semakin tinggi situs Anda akan muncul di halaman hasil mesin pencari.

SEO terutama mencakup praktik berikut:

Penelitian dan implementasi kata kunci

Kode situs Website yang optimal

Kecepatan pemuatan cepat

Aman dan memiliki sertifikat SSL yang terpasang; SSL adalah teknologi keamanan standar yang memastikan data yang dikirimkan antara server Website dan browser tetap bersifat pribadi

Memiliki situs yang ramah seluler

Adanya backlink berkualitas tinggi (link di situs eksternal dengan konten terkait) yang mengarah ke situs Anda

Memiliki banyak ulasan positif secara online (Google, Yelp, Facebook, dll.)

Menggunakan tautan internal di seluruh situs Anda untuk membuat orang mengklik dan membaca

Menggunakan media sosial untuk menautkan ke situs Anda (LinkedIn, Twitter, Facebook, Pinterest, dll.)

SEO adalah proses berkelanjutan yang sangat penting yang dapat berarti perbedaan antara muncul di halaman pertama halaman hasil mesin pencari (menghasilkan sejumlah besar lalu lintas gratis ke situs Website Anda) atau halaman 300 (tidak menghasilkan lalu lintas).

8. Buat dan publikasikan konten berkualitas secara teratur

Kuantitas dan kesegaran konten penting bagi mesin telusur, jadi penting bagi Anda untuk membuat rencana untuk menerbitkan artikel dan / atau entri blog berkualitas di situs Anda dan di situs eksternal yang ditautkan ke situs Anda. Jika Anda ingin mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil mesin pencari dan mendorong orang untuk kembali ke situs Anda lagi dan lagi, Anda harus memperbarui situs Website Anda dengan konten baru dan relevan sesering mungkin.

Selain konten halaman statis dan artikel, bentuk konten yang bagus untuk diposting di situs Anda adalah testimonial. Meminta testimonial dari pelanggan Anda dan kemudian menerbitkannya di situs Website Anda adalah cara yang bagus untuk memposting konten segar dan berkualitas tinggi di situs Anda yang membuat bisnis kecil Anda lebih menarik.

Pastikan konten Anda menggunakan nada sesuai merek yang disukai orang-orang.

9. Pasang alat webmaster

Manfaatkan data penting untuk membantu Anda menganalisis lalu lintas dan kinerja situs dengan memasang Google Analytics dan Google Search Console (keduanya sebaiknya melalui Google Pengelola Tag), dan Alat Webmaster Bing. Alat-alat ini dapat digunakan untuk melacak jenis informasi berikut:

Pengunjung harian, mingguan, dan bulanan ke situs Anda

Jumlah tampilan di setiap halaman situs Anda

"Rasio pentalan" —persentase pengguna yang datang ke situs Anda dan keluar setelah hanya melihat satu halaman (algoritme Google memberikan peringkat lebih tinggi ke situs Website yang memiliki rasio pentalan rendah, dengan teori bahwa pengunjung menghabiskan lebih banyak waktu di situs dan merasa itu berharga.)

Rata-rata waktu yang dihabiskan di situs oleh pengunjung

Kesalahan perayapan di situs Anda (kesalahan yang ditemukan mesin telusur di situs Anda saat merayapi kontennya)

Tautan rusak di situs

Kata kunci yang mengarahkan pengguna ke situs Anda

Tautan balik ke situs Anda

Waktu pengunduhan halaman web

Informasi lain yang dapat membantu Anda meningkatkan SEO Anda

10. Menerapkan rencana pemeliharaan situs web

Situs Website tidak boleh dibuat dan kemudian dibiarkan menjadi usang. Untuk memiliki situs Website yang sukses dengan peringkat yang baik di mesin pencari dan tidak diretas, Anda perlu memastikannya dipelihara dengan baik.

Berikut beberapa tip untuk membuat rencana pemeliharaan situs Website bisnis kecil:

Periksa data Alat Webmaster setidaknya sebulan sekali dan semua kesalahan penting dikirim ke email Anda secara waktu nyata.

Gunakan data lalu lintas untuk mempelajari lebih lanjut tentang audiens Anda sehingga Anda dapat melayani mereka dengan lebih baik.

Gunakan data kinerja untuk mengoptimalkan dan memperbaiki peringatan dan kesalahan.

Pastikan semua software selalu up-to-date.

Jalankan pemindaian keamanan sehingga Anda tahu bahwa situs Website Anda bersih dari malware dan tidak pernah diretas.

Gunakan "pengujian terpisah" untuk melihat apakah variasi tertentu dari situs Website Anda membantu kinerja; misalnya, jika Anda menjual produk, Anda mungkin memiliki dua versi laman landas tertentu dengan gambar dan kata yang berbeda — pengujian terpisah memungkinkan Anda melihat versi mana yang memiliki rasio konversi lebih tinggi.

Ikuti saran saya tentang SEO (lihat poin # 7), dan terus terbitkan konten berkualitas (lihat poin # 8).

Temukan cara yang sedang tren dan efektif untuk memasarkan bisnis Anda secara online.

Izinkan pengguna situs Website memberikan umpan balik tentang situs Anda.

Terus periksa pesaing Anda dari waktu ke waktu untuk melihat apa yang mereka lakukan dengan kehadiran online mereka dan lihat apakah apa yang telah mereka lakukan dapat berhasil untuk Anda juga.

Pastikan situs jasa pembuatan website jogja Anda dicadangkan dengan berbagai cara setidaknya sekali sehari dan setidaknya 10 hari yang lalu.

Kesimpulan

Seperti yang Anda ketahui setelah membaca artikel ini, membuat situs Website bisnis kecil yang hebat mungkin tidak sesederhana yang Anda pikirkan. Namun, jika Anda mengikuti langkah-langkah yang ditetapkan dalam artikel ini, bisnis kecil Anda akan memiliki peluang bagus untuk sukses di pasar online.

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Pembuatan Website Di Jogja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel